Selasa, 07 Maret 2017

REVIEW BLOG 4 #UPERP10TO1E

Disini saya akan mereview rangkuman dari blog http://tinkerbell-uperp20151.blogspot.co.id  milik Nadia Ratih, diantaranya adalah:

-          Posting ke-1
Berisi tentang perkenalan diri, sejarah ERP dan kegunaan ERP di tempat kerja

-          Posting ke-2
Tugas Literatur ERP

Tugas kali ini adalah mencari literatur atau tulisan mengenai ERP dan mengcopy link yang beruntung tersebut. Perbedaan antara #ERPT01B dan #ERPT01C adalah letak dipublikasikannya. T01B dipublikasikan di grup facebook sedangkan T01C dipublikasikan di twitter dengan mention ke @belajarERP

Untuk ERPT01B





Untuk Tugas 01C




-          Posting ke- 3
Tugas Review Blog

Pada kesempatan kali ini saya akan mereview blog mahasiswa UP dengan alamat http://mojacko-uperp20142.blogspot.co.id/

Blog ini dimiliki oleh Irwan Nugraha dengan NIM 4413218221. Pada tugas pertamanya, Irwan memposting 3 website yang berhubungan dengan materi ERP. Pada tugas kedua, beliau melakukan review blog woodywoodpacker-uperp20132.blogspot.com. Tugas ketiga juga berisi tentang review blog ERP milik kotarominami-uperp20132.blogspot.com. Untuk tugas keempat secara garis besar mengenai tahapan awal bergabung di Odoo, tugas 4 ini terbagi menjadi 3 bagian,
a. Membuat panduan instalasi Odoo dalam bentuk video dan pdf
b. Berisi tampilan saat sudah join di Odoo
c. Cara bergabung sebagai mailing list Odoo

Untuk tugas kelima, berisi tampilan print screen mengenai cara membuat dan mengisi master data di OpenERP 7. Pada tugas keenam, membahas tentang cara membuat dan mengisi master data di Odoo 8. Kemudian loncat ke tugas delapan membahas tentang cara transfer dan melengkapi data dari openERP7 ke Odoo8 produk PT BZI untuk modul finance. Sedangkan tugas sembilan berisi cara melakukan transaksi sebagai purchase PT BZI ke sales PT BMS dengan menggunakan Odoo8. Untuk tugas kesepuluh mengenai transaksi kelompok antara PT Bank Zamrud Indonesia dengan PT Hippotamus  Indonesia. Blog ini ditutup denga postingan mengenai hal-hal yang baik dan saran untuk pembelajaran kuliah ERP.

-          Posting ke-4
Tugas Review Blog
Pada tugas B ini blog yang akan saya review adalah blog

Blog ini dibuat oleh Irawan Kartono dan hanya mengandung 1 arsip. Arsip ini berisi tentang rangkuman tugas yang beliau buat, yaitu:
Posting 1 
Blog Artikel Umum tentang ERP di buat oleh Ochonk
Posting 2 
Video ERP and the competitive advantage dibuat oleh International Institute of Management & Technology Studies
Posting 3 
Tugas ERP File tentang Kajian penerapan ERP dan Implikasinya pada perusahaan perbankan Indonesia Studi Kasus Bank Central Asia, Tbk Oleh Fitri Nurdiyan
Posting 4 
Rangkuman Blog ochonkqw.blogspot.com

PR3-1
Menulis link yang  membahas tentang ERP
PR3-2
Tentang sebuah tayangan yang berkaitan dengan ERP yang ada di perusahaan beliau
PR3-3
Mengenai enterprise information systems project implementation tentang Setting penerimaan karyawan atau recruitment berikut tahapan-tahapan yang perlu dipersiapkan
PR3-4
Tentang Review blog Yahaya Yusuf yang menulis Case Study bagaimana Pabrikan Roll Royce mencoba menerapkan beberapa teknologi informasi dengan segala kesulitannya.

-          Posting ke-5
Tugas Review Blog

Blog ketiga yang beruntung ini adalah kotarominami-uperp20132.blogspot.com yang diprakarsai oleh Astia Pratiwi. Dalam blog ini, terdapat postingan  beberapa  tugas tugas mengenai  ERP, yaitu :
Tugas ke-1
Yang diposting  berisi mengenai  Instalasi Open ERP dan Module Purchase Management beserta dokumentasi dan video-nya. Namun file Dokumentasi Installasi Open ERP dan module purchase Management tidak dapat dibuka.
Tugas ke-2
Berisi mengenai file tentang ERP yang dapat di download dari dropbox. Namun untuk file tersebut  link tidak dapat dibuka, karena diperlukan izin membuka.
Tugas ke-3
Berisi untuk membuat email kartun dan blog yang menggunakan situs www.blogger.com\
Tugas ke-4
Berisi tugas kelompok mengenai Jurnal dan laporan arus kas.
Tugas Ke-5
Tugas Kelompok tentang Laporan Keuangan pada Rumah Sakit Sehat Sejahtera
Langsung ke tugas ke-7 Berisi  tentang jurnal laporan arus kas
Tugas ke-8 Berisi tentang Video tutorial tentang ERP.

-          Posting ke-6
Tugas Review Blog

Review yang terakhir ini berbeda karena harus mereview sebuah blog kelompok yang beralamat di http://bms-uperp20141.blogspot.com

PT Beringin Makmur Sedaya atau lebih akrabnya PT BMS adalah supplier material PT KITA, dan banyak perusahaan yang bekerja sama dengan PT BMS ini, maka terdapat master data mengenai supplier, costumer dan product dari PT BMS ini. Terdapat banyak arsip di dalam blog ini, di antaranya:

1.       Business Process Modul (Accounting, Master Data, HRD, dan Finance,)
2.       Business Process Departement Sales and Marketing dan struktur organisasinya.
3.       Master Data Supplier, Costumer, dan Product  PT BMS
4.       Daftar Karyawan PT BMS
5.       Departement PT BMS
6.       Job Position PT BMS
7.       Salary Rules and Structures PT BMS
8.       Template karyawan, data gaji karyawan, dan jurnal PT BMS  dan sebagainya

-          Posting ke-7
Modul Accounting PT BMS

Bahasan kali ini adalah bisnis proses tiap fungsional yang ada di PT virtual, dan saya mendapatkan fungsi accounting.

Setiap bagian dalam perusahaan, memiliki fungsi sendiri-sendiri. Meski secara umum, tujuan setiap bagian tersebut adalah untuk membawa kemajuan perusahaan. Namun secara spesifik, ada fungsi yang harus dicapai oleh masing-masing bagian tersebut.

Untuk fungsi acounting sendiri, Sebagai Accounting Section Head atau kepala bagian akunting adalah Membantu CEO dan manager accounting dan finance dalam mengkoordinasikan kegiatan pengelolaan keuangan beserta administrasinya, penyusunan laporan keuangan, penyusunan anggaran tahunan (RKAP), bahan penyusunan laporan manajemen. Adapaun job description untuk fungsi accounting adalah:

1.      Mengkoordinasikan pengendalian kegiatan Akuntansi Manajemen Keuangan, Sistem Informasi Keuangan.
Untuk setiap pembelian dibuatkan surat permintaan pembelian (Purchase Request) selanjutnya  Order pembelian (Purchase Order).  Sampai disini belum ada transaksi yang mempengaruhi posisi keuangan dengan demikian dua dokumen tersebut tersebut adalah dokumen akuntansi yang tidak termasuk dalam bukti transaksi. Dokumen tersebut berfungsi hanya sebagai dokumen referensi.
Selain itu ada juga invoice atau surat bukti penerimaan menunjukan pengaruhnya terhadap posisi keuangan, yaitu penambahan terhadap aset atau biaya. Surat bukti penerimaan ini adalah dokumen akuntansi yang tergolong bukti transaksi.
Kedua hal ini harus terkoordinasi dengan baik, karena semua bukti transaksi dipegang oleh bagian akunting dan harus dipertanggungjawabkan.
2.      Melakukan analisis terhadap laporan keuangan dan laporan akuntansi manajemen perusahaan.
Analisa dapat dilakukan mulai saat dipindahkan ke jurnal harian dilihat dari neraca yang sudah dibuat, dan laporan akunting yang lain
3.      Melaksanakan pengendalian dan pengawasan bidang keuangan sesuai dengan target yang ditentukan.
Bisa dilakukan dengan menggunakan account statement atau laporan berjangka yang digunakan untuk mengetahui status transaksi.
4.      Mencatat setiap piutang. Dilakukan saat sudah mendapatkan invoice dari vendor atau supplier.

Bisnis Proses Accounting PT BMS adalah:


-          Posting ke-8
Bisnis Proses PT BMS

PT.  Beringin Makmur Sedaya (PT. BMS)  adalah  sebuah  perusahaan  yang  didirikan  pada  tahun 2015  dan bergerak dalam bidang industri pembuatan material elektronik. Perusahaan kami merupakan salah satu supplier material elektronik PT. KITA,

-          Posting ke-9
Artikel ERP Fungsi Accounting

1. Modul Umum Accounting

A. KONFIGURASI
A.1 Modul Yang Harus Diinstall

Implementasi Cost Accounting atau Akuntansi Biaya pada OpenERP membutuhkan secara default sudah terinstall ketika modul account terinstall. Untuk menambahkan fungsionalitas dari Analytic Accounting OpenERP, terdapat beberapa modul tambahan yang bisa diinstal, seperti 
● account_analytic_analysis
● account_analytic_default
● account_analytic_plans
● purchase_analytic_plans
● sale_analytic_plans

"Akuntansi Biaya atau Cost Accounting adalah suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan, pencatatan, dan analisa terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa."

A.2 Memunculkan Tampilan Analytic Account

Secara default Analytic Accounting tidak dimunculkan tampilannya. Untuk menampilkannya, ada opsi yang harus dinyalakan pada user yang ingin melihat analytic accounting.

Opsi tesebut bisa dilihat di data user (Setting -> Users -> Users). Kemudian nyalakan opsi Analytic Accounting pada tab Access Right:

Konfigurasi User

Jika opsi tersebut sudah dinyalakan, maka akan muncul menu tambahan untuk menu Analytic Accounting
Konfigurasi Analytic Accounting

Analytic Accounting Entries

A.3 Konfigurasi Objek Biaya

"Objek biaya adalah suatu aktivitas atau item yang biaya nya diakumulasi dan diukur"
Langkah pertama dalam implementasi Cost Accounting adalah membuat Analytical Account untuk setiap object biaya. Objek biaya yang dibuatkan analytical account nya tergantung dari kebutuhan perusahaan.
Analytical Account dapat dibuat pada Accounting -> Configuration -> Analytic Account -> Analytic Account
Tree Analytic Account

Form Analytic Account

A.4 Konfigurasi Analytical Journal

Selanjutnya yang perlu didefinisikan adalah Analytical Journal. Analytical Journal dibuat untuk mengelompokan analytical entries berdasarkan tipe transaksinya. Minimal dalam satu database perlu mempunyai dua buah anlytical journal, yaitu : (1) sale journal, dan (2) purchase journal

Analytical journal dibuat melalui menu Accounting -> Configuration -> Analytic Accounting -> Analytical Journal

Tree Analytic Journal

Form Analytic Journal

Selanjutnya pada tiap accounting journal yang ingin diotomatisasi sehingga membuat analytic entry harus dipasangkan dengan analytic journal tertentu.

Memasangkan Account Journal Dengan Analytic Journal

B. TRANSAKSI

Perubahan mendasar ketika menginstall modul untuk cost accounting adalah penambahan field analytical account pada journal items. Jadi selain memilih account, user juga diberikan opsi untuk menentukan analytical account dari sebuah journal item.

Analytic Account pada Journal Item

Apabila user menentukan analytical account pada sebuah journal item, maka OpenERP akan otomatis membuat analytical entries.


Analytic Journal Item
Perbedaan analytic entries dengan journal entries biasa adalah pada analytic entries itemsnya hanya satu, tidak ada debit credit. Fungsi analytic accounting OpenERP terintegrasi dengan modul-modul lainnya (contoh : sale, purchase).

C. REPORTING

Secara default OpenERP menyediakan beberapa laporan yang berkaitan dengan cost accounting, antara lain :
● Cost Ledger
● Cost Ledger (Quantity only)
● Inverted analytical balance
● Analytical balance

2. Chart Of Account

Berdasarkan pengalaman implementasi selama ini, masalah berikutnya setelah instalasi server OpenERP adalah instalasi Chart of Account (CoA). Customer biasanya tidak akan menggunakan CoA default dari OpenERP, mereka pasti memiliki CoA tersendiri sesuai dengan bisnis yang mereka jalankan selama ini baik telah menggunakan system maupun manual. Olehkarna itu, kita sebagai implementator tidak mempunya pilihan kecuali mengimport CoA yang telah ada.
Mengimport CoA bisa saja kita lakukan langsung dengan syntax query, tapi penulis tidak menyarankan hal tersebut. Cara terbaik adalah dengan membuat modul CoA seperti contoh CoA default yang lainnya. Olehkarna itu pada kesempatan kali ini, saya mencoba sharing sedikit ilmu dan pengalaman tentang cara pembuatan modul CoA OpenERP.

1.       Pertama-tama adalah kita harus memetakan CoA yang telah ada ke dalam file excel. Biasanya customer sudah menyiapkannya dalam satu file excel.

2.       Setelah kita memetakan dengan membreakdownnya sesuai dengan hirarkinya beserta codenya, maka langkah selanjutnya adalah memberikan type internal dari masing-masing account tersebut.Penjelasan masing-masing type internal sebagai berikut :

View              = untuk parent account
Other              = untuk account general
Payable          = untuk account supplier atau account yang digunakan pada header supplier    invoice form
Receivable    = untuk account customer atau account yang biasa pada header customer invoice form
Liquidity       = untuk account bank dan cash

Setelah type internal masing-masing account ditentukan kemudian kita tentukan lagi type accountnya, diantaranya adalah :
a. account.data_account_type_view = untuk parent account
b. account.data_account_type_asset = untuk account general
c. account.data_account_type_payable = untuk account dengan type internal payable
d. account.data_account_type_receivable = untuk account dengan type internal receivable
e. account.data_account_type_cash = untuk account cash (pasangan type internal liquidity)
f. account.data_account_type_bank = untuk account bank (pasangan type internal liquidity)
g. account.data_account_type_liability = untuk account kelompok liability (hutang)
h. account.data_account_type_income = untuk account kelompok sales (penjualan)
i. account.data_account_type_expense = untuk account kelompok biaya (pengeluaran)

3.       Hal terakhir yang kita lakukan pada file excel CoA ini adalah menambahkan 1 kolom lagi yang berisi code atau nomor parent account yang bersangkutan.

4.       Setelah selesai kita merevisi file excel kemudian kita harus menyimpan file tersebut didalam format .csv dengan menggunakan separator koma (,). Lalu bikin file python yang codenya seperti dibawah ini :


5.       Langkah terakhir yaitu menentukan account-account yang akan menjadi nilai default dari semua transaksi pada OpenERP. Gantilah teks “chart_xxxxx” dengan chart yang sesuai dengan CoA anda seperti chart_1112.
Pastikan nama file csv sesuai dengan nama file yang berada didalam code python diatas dan letak
dari file python dan csv berada dalam 1 folder yang sama kemudian compile file python tersebut
yang akan menghasilkan sebuah file baru dengan format .xmlPenulis akan mencontohkan berdasarkan CoA diatas sehingga hasilnya seperti dibawah ini :

Modul siap untuk diinstal seperti modul-modul CoA yang lainnya. Caranya bisa mengikuti wizard setelah menginstall modul Accounting and Finance (account_accountant) atau melalui menu Setting → Accounting lalu klik Install more chart templates.

Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi alamat berikut:


-          Posting ke-10
Explorasi Odoo Sebagai Fungsi Accounting

Di sini saya berperan sebagai Accounting di PT BMS
Pertama masuk ke web address http://128.199.81.246:8069     pilih yang " o8-uperp-bms-20-dev1" kemudian sign in dengan user : admin   dan password: admin

maka akan muncul tampilan awal PT BMS, kemudian pilih menu Accounting sehingga muncul tampilan seperti berikut:


Di bagian kiri, terdapat banyak sub yang dapat digunakan, di antaranya:
1.       Costumer
2.       Suppliers
3.       Journal Entries
4.       Bank and Cash
5.       Chart
6.       Periodic Processing
7.       Reporting
8.       Configurating

A. Invoice

Masing-masing sub ini berfungsi sebagai tempat memasukan data pada proses Accounting, misalnya pada Costumer - Costumer Invoices

Contoh costumer invoice
 

Contoh supplier invoice


Tombol more di situ mengandung fungsi:
● Share
● Embed
● Delete
● Duplicate
Invoice ini ditampilkan dalam menu "view" sehingga terhihat preview nya. jika kita tampilkan dalam menu list, maka yang muncul adalah list costumer invoice yang telah dibuat.

Costumer Invoices

Supplier Invoices
Bila ingin menampilkan dalam bentuk diagram, maka pilih view mode - diagram, diagram ini banyak
bentuknya bisa dalam garis, batang, maupun pie. 
Contoh yang saya ambil adalah diagram batang.


Bila ingin membuat sesuatu, baik itu invoice, jurnal, atau yang lainnya, mudah dengan cara:
1.       Masuk ke tab sub yang diinginkan (misal costumer)
2.       pilih sub-sub kecilnya (misal: costumer invoice)
3.       klik "create", muncul tampilan sebagai berikut:


4.       isi data yang dibutuhkan


5.       pilih "save" bila draft invoice ingin di simpan, pilih "discard" bila draft ingin dihapus, dan "validate" bila ingin memvalidasi draft, dan "cancel" bila invoice dibatalkan.

B. Journal Entries
Untuk sub ini, ada tiga item yaitu journal items, journal entries dan journal vouchers.

 Journal entries. Sama seperti invoice, ada berbentuk list dan ada yang berbentuk print preview.


Untuk membuat jurnal, pilih tab "create"

Kemudian isi data yang dibutuhkan, dan "save" bila jurnal ingin disimpan sebagai draft, "discard"
bila ingin menghapus draft, dan "post" bila jurnal ingin dipublikasikan.

Jurnal Items 
List jurnal item,sales journal

Jurnal Voucher

List Journal Voucher
C. Chart of Accounts             
Bila kita mengklik CoA maka tampilan yang muncul adalah:


Sesuai dengan yang diperintahkan, kita isi data yang dibutuhkan, kemudian keluar window seperti ini:


Namun, sepertinya pada website ini tidak terkandung CoA. karena bila di view yang muncul adalah pembuatan CoA baru.

D. Reporting

Reporting ini tempat untuk melihat laporan yang ada.

Bila ingin melihat laporan yang terbentuk, klik tombol "print" dan kemudian laporan akan        ter-download dalam bentuk pdf.

Demikian fungsi Accounting yang dapat saya explore di server Odoo PT BMS

-          Posting ke-11
Kali ini saya akan memposting mengenai forum Odoo internasional, forum ini berisi tanya jawab antar anggota Odoo. Sehingga, untuk masuk ke forum ini, harus registrasi terlebih dahulu.

ketik pada web address: https://www.odoo.com/forum/help-1 

Kemudian klik "Sign In" bila sudah punya account maka masuk dengan account tersebut, bila belum punya, maka "Register" terlebih dahulu. Data yang diperlukan untuk Register adalah:

● alamat email
● nama
● password

Setelah masuk dengan account pribadi, masuk ke tab search, kemudian ketik masalah atau issue apa yang ingin dicari atau dipelajari, karena saya mendapatkan fungsi Accounting, maka issue yang saya cari adalah mengenai Accounting.
Postingan ini berisi tentang tanya- jawab antar member Odoo. Postingan pertanyaan-pertanyaan itu sudah ada yang didiskusikan, namun ada juga yang belum ditanggapi.


-          Posting ke-12
Tugas UTS

Dalam bidang Acconting, terdapat siklus accounting yang dapat menjadi acuan jalannya bisnis proses. berikut ini adalah bisnis proses dari prosess accounting pada PT BMS

Gambar di atas merupakan layer pertama dalam bisnis proses, pada kesempatan ini dibuat bisnis proses dengan sub-sub prosesnya. Saat ini aplikasi yang digunakan adalah bizagi.

Contoh diambil adalah Laporan Akutansi. Bila komponen ini diklik, maka akan masuk ke tab selanjutnya masuk ke layer 2. Seperti gambar berikut:

Contoh selanjutnya adalah Pembuatan Jurnal, Bla komponen ini diklik akan masuk ke layer 3 seperti berikut:



-          Posting ke-13
TUGAS UTS
BISNIS PROSES PT BMS

Bisnis proses menjadi hal yang penting dalam sebuah perusahaan, Berikut bisnis proses PT BMS Beserta beberapa drill down-nya
Dari yang keseluruhan tersebut, diambil contoh di bagian Sales dan Marketing, mengenai Pasar.
Dari Pasar tersebut Memasarkan Prodk masih dapat dijabarkan seperti berikut:
-          Posting ke-14
TUGAS UTS
Template

Berikut adalah contoh Template yang ada di Fungsi Accounting:

1.       Customer Invoices
2.   Supplier Invoices
3.  Bank Statements
4.  Journal Entries
5. Journal Voucher
Untuk lebih jelasnya

-          Posting ke-15
TUGAS UTS

Skenario Accounting di OdOO

●Perkenalan

PT. Beringin Makmur Sedaya (PT. BMS) adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2014 dan bergerak dalam bidang penjualan elektronik khususnya laptop dan printer. Perusahaan kami merupakan salah satu supplier dari PT. KITA

Profil Perusahaan
Nama : PT. Beringin Makmur Sedaya
Alamat : Jl. Raya Narogong KM 23,5, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
Telepon : 021-8230979
Fax : 021-8230980
Email : kantor.bms@gmail.com
Website : beringinmakmursedaya-uperp20141.blogspot.com

●Divisi Accounting

Dalam oraganisasi perusahaan, fungsi akuntansi berada dalam departemen keuangan yang dipimpin oleh seorang direktur keuangan, dan tugasnya merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi keuangan dan akuntansi di perusahaan dalam memberikan informasi keuangan secara komprehensif dan tepat waktu untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan yang mendukung pencapaian target financial perusahaan.

●Skenario Accounting
Dari pemesanan tersebut, PT KITA akan memberikan PO kepada PT BMS, dan PT BMS membuatkan Invoices untuk PT KITA.

A. Invoice

Untuk membuat Invoices, dapat dilakukan dengan cara mengisi langsung di server Odoo atau dengan aplikasi excel kemudian di Import ke Odoo.

B. Journal Entries

Invoice yang telah divalidasi akan otomatis tercatat di Jurnal entries.

C. Chart of Accounts

chart of account (bagan akun) dapat disebut sebagai daftar yang terjadi dari serangkaian kode-kode yang telah diatur dan disusun dalam struktur akun tertentu, secara sistematis. Termasuk di dalamnya adalah unsur-unsur seperti kode akun (account code) dan nama akun (accounts name). Kode akun dan nama akun inilah yang digunakan perusahaan atau organisasi untuk mengelompokkan, mencatat, melaporkan, dan mengontrol transaksi-transaksinya dengan cara sistematis.

D. Reporting

Reporting ini tempat untuk melihat laporan yang ada.

-          Posting ke- 16
Transaksi PT BMS Fungsi Accounting

-          Posting ke- 17
Bisnis Proses PT BMS dan Fungsi Accounting

-          Posting ke-18
Kritik dan Saran

Kritik dan Saran untuk mata kuliah ERP
1. Bapak Agung sudah sangat baik dalam melakukan transfer ilmu, tepat waktu dan metode belajar yang digunakan santai namun mengenai sasaran. Namun akan lebih baik bila semua fungsi dipraktekkan secara khusus di dalam odoo.

2. Tugas yang diberikan terkadang datang di hari Rabu sore atau malam, sedangkan batas pengumpulan adalah Jumat malam. Rentang waktu yang diberikan terlalu singkat, sehingga tugas kurang masksimal. Akan lebih baik jika tugas diberikan langsung saat kuliah berakhir atau pada hari Minggu (H+1 kuliah).

3. Alamat server odoo  banyak dan sering down, membuat bingung. Mungkin sebagai back up server yang lainnya, namun database dari masing-masing alamat server belum seragam. Dan mahasiswa harus standby untuk melihat server mana yang harus digunakan karena sering berganti-ganti. Sarannya adalah database dalam server disamaratakan sehingga bila masuk dari bermacam sarver pun output nya akan sama.

4. Mata kuliah ini tidak cukup hanya 3 sks. Dan sebaiknya bukan mata kuliah pilihan, karena ilmu ini sering digunakan di industri.

-          Posting ke-19
Template Accounting






Tidak ada komentar:

Posting Komentar