Disini saya akan mereview rangkuman dari blog http://tinkerbell-uperp20151.blogspot.co.id milik Nadia Ratih, diantaranya adalah:
-
Posting ke-1
Berisi tentang perkenalan diri, sejarah ERP
dan kegunaan ERP di tempat kerja
-
Posting ke-2
Tugas Literatur ERP
Tugas kali ini adalah mencari literatur atau
tulisan mengenai ERP dan mengcopy link yang beruntung tersebut. Perbedaan
antara #ERPT01B dan #ERPT01C adalah letak dipublikasikannya. T01B dipublikasikan
di grup facebook sedangkan T01C dipublikasikan di twitter dengan mention ke
@belajarERP
Untuk ERPT01B
Untuk Tugas 01C
-
Posting ke- 3
Tugas Review Blog
Pada kesempatan kali ini saya akan mereview
blog mahasiswa UP dengan alamat http://mojacko-uperp20142.blogspot.co.id/
Blog ini dimiliki oleh Irwan Nugraha dengan
NIM 4413218221. Pada tugas pertamanya, Irwan memposting 3 website yang
berhubungan dengan materi ERP. Pada tugas kedua, beliau melakukan review blog
woodywoodpacker-uperp20132.blogspot.com. Tugas ketiga juga berisi tentang
review blog ERP milik kotarominami-uperp20132.blogspot.com. Untuk tugas keempat
secara garis besar mengenai tahapan awal bergabung di Odoo, tugas 4 ini terbagi
menjadi 3 bagian,
a. Membuat panduan instalasi Odoo dalam
bentuk video dan pdf
b. Berisi tampilan saat sudah join di Odoo
c. Cara bergabung sebagai mailing list Odoo
Untuk tugas kelima, berisi tampilan print
screen mengenai cara membuat dan mengisi master data di OpenERP 7. Pada tugas
keenam, membahas tentang cara membuat dan mengisi master data di Odoo 8.
Kemudian loncat ke tugas delapan membahas tentang cara transfer dan melengkapi
data dari openERP7 ke Odoo8 produk PT BZI untuk modul finance. Sedangkan tugas
sembilan berisi cara melakukan transaksi sebagai purchase PT BZI ke sales PT
BMS dengan menggunakan Odoo8. Untuk tugas kesepuluh mengenai transaksi kelompok
antara PT Bank Zamrud Indonesia dengan PT Hippotamus Indonesia. Blog ini ditutup denga postingan
mengenai hal-hal yang baik dan saran untuk pembelajaran kuliah ERP.
-
Posting ke-4
Tugas Review Blog
Pada tugas B ini blog yang akan saya review
adalah blog
Blog ini dibuat oleh Irawan Kartono dan
hanya mengandung 1 arsip. Arsip ini berisi tentang rangkuman tugas yang beliau
buat, yaitu:
Posting 1
Blog Artikel Umum tentang ERP di
buat oleh Ochonk
Posting 2
Video ERP and the competitive
advantage dibuat oleh International Institute of Management & Technology
Studies
Posting 3
Tugas ERP File tentang Kajian
penerapan ERP dan Implikasinya pada perusahaan perbankan Indonesia Studi Kasus
Bank Central Asia, Tbk Oleh Fitri Nurdiyan
Posting 4
Rangkuman Blog
ochonkqw.blogspot.com
PR3-1
Menulis link yang membahas tentang ERP
PR3-2
Tentang sebuah tayangan yang berkaitan
dengan ERP yang ada di perusahaan beliau
PR3-3
Mengenai enterprise information systems
project implementation tentang Setting penerimaan karyawan atau recruitment
berikut tahapan-tahapan yang perlu dipersiapkan
PR3-4
Tentang Review blog Yahaya Yusuf yang
menulis Case Study bagaimana Pabrikan Roll Royce mencoba menerapkan beberapa
teknologi informasi dengan segala kesulitannya.
-
Posting ke-5
Tugas Review Blog
Blog ketiga yang beruntung ini adalah
kotarominami-uperp20132.blogspot.com yang diprakarsai oleh Astia Pratiwi. Dalam
blog ini, terdapat postingan
beberapa tugas tugas mengenai ERP, yaitu :
Tugas ke-1
Yang
diposting berisi mengenai Instalasi Open ERP dan Module Purchase
Management beserta dokumentasi dan video-nya. Namun file Dokumentasi Installasi
Open ERP dan module purchase Management tidak dapat dibuka.
Tugas ke-2
Berisi mengenai file tentang ERP yang dapat
di download dari dropbox. Namun untuk file tersebut link tidak dapat dibuka, karena diperlukan
izin membuka.
Tugas ke-3
Berisi untuk membuat email kartun dan blog
yang menggunakan situs www.blogger.com\
Tugas ke-4
Berisi tugas kelompok mengenai Jurnal dan
laporan arus kas.
Tugas Ke-5
Tugas Kelompok tentang Laporan Keuangan
pada Rumah Sakit Sehat Sejahtera
Langsung ke tugas ke-7 Berisi tentang jurnal laporan arus kas
Tugas ke-8 Berisi tentang Video tutorial
tentang ERP.
-
Posting ke-6
Tugas Review Blog
Review yang terakhir ini berbeda karena
harus mereview sebuah blog kelompok yang beralamat di http://bms-uperp20141.blogspot.com
PT Beringin Makmur Sedaya atau lebih
akrabnya PT BMS adalah supplier material PT KITA, dan banyak perusahaan yang
bekerja sama dengan PT BMS ini, maka terdapat master data mengenai supplier,
costumer dan product dari PT BMS ini. Terdapat banyak arsip di dalam blog ini,
di antaranya:
1.
Business Process Modul (Accounting, Master Data,
HRD, dan Finance,)
2.
Business Process Departement Sales and Marketing
dan struktur organisasinya.
3.
Master Data Supplier, Costumer, dan Product PT BMS
4.
Daftar Karyawan PT BMS
5.
Departement PT BMS
6.
Job Position PT BMS
7.
Salary Rules and Structures PT BMS
8.
Template karyawan, data gaji karyawan, dan
jurnal PT BMS dan sebagainya
-
Posting ke-7
Modul Accounting PT BMS
Bahasan kali ini adalah bisnis proses tiap
fungsional yang ada di PT virtual, dan saya mendapatkan fungsi accounting.
Setiap bagian dalam perusahaan, memiliki
fungsi sendiri-sendiri. Meski secara umum, tujuan setiap bagian tersebut adalah
untuk membawa kemajuan perusahaan. Namun secara spesifik, ada fungsi yang harus
dicapai oleh masing-masing bagian tersebut.
Untuk fungsi acounting sendiri, Sebagai
Accounting Section Head atau kepala bagian akunting adalah Membantu CEO dan
manager accounting dan finance dalam mengkoordinasikan kegiatan pengelolaan
keuangan beserta administrasinya, penyusunan laporan keuangan, penyusunan anggaran
tahunan (RKAP), bahan penyusunan laporan manajemen. Adapaun job description
untuk fungsi accounting adalah:
1. Mengkoordinasikan pengendalian kegiatan
Akuntansi Manajemen Keuangan, Sistem Informasi Keuangan.
Untuk setiap pembelian dibuatkan surat permintaan pembelian (Purchase
Request) selanjutnya Order pembelian
(Purchase Order). Sampai disini belum
ada transaksi yang mempengaruhi posisi keuangan dengan demikian dua dokumen tersebut
tersebut adalah dokumen akuntansi yang tidak termasuk dalam bukti transaksi.
Dokumen tersebut berfungsi hanya sebagai dokumen referensi.
Selain itu ada juga invoice atau surat bukti penerimaan menunjukan
pengaruhnya terhadap posisi keuangan, yaitu penambahan terhadap aset atau
biaya. Surat bukti penerimaan ini adalah dokumen akuntansi yang tergolong bukti
transaksi.
Kedua hal ini harus terkoordinasi dengan baik, karena semua bukti
transaksi dipegang oleh bagian akunting dan harus dipertanggungjawabkan.
2. Melakukan analisis terhadap laporan keuangan dan
laporan akuntansi manajemen perusahaan.
Analisa dapat dilakukan mulai saat dipindahkan ke jurnal harian dilihat
dari neraca yang sudah dibuat, dan laporan akunting yang lain
3. Melaksanakan pengendalian dan pengawasan bidang
keuangan sesuai dengan target yang ditentukan.
Bisa dilakukan dengan menggunakan account statement atau laporan
berjangka yang digunakan untuk mengetahui status transaksi.
4. Mencatat setiap piutang. Dilakukan saat
sudah mendapatkan invoice dari vendor atau supplier.
Bisnis Proses Accounting PT BMS adalah:
-
Posting ke-8
Bisnis Proses PT BMS
PT.
Beringin Makmur Sedaya (PT. BMS)
adalah sebuah perusahaan
yang didirikan pada
tahun 2015 dan bergerak dalam
bidang industri pembuatan material elektronik. Perusahaan kami merupakan salah
satu supplier material elektronik PT. KITA,
untuk lebih bisnis proses lebih lengkap https://www.dropbox.com/s/w10k55qnu23gsxg/Business%20Process%20Accounting%20PT%20BMS.bpm?dl=0
-
Posting ke-9
Artikel ERP Fungsi Accounting
1. Modul Umum Accounting
A. KONFIGURASI
A.1 Modul Yang Harus Diinstall
Implementasi Cost Accounting atau Akuntansi
Biaya pada OpenERP membutuhkan secara default sudah terinstall ketika modul
account terinstall. Untuk menambahkan fungsionalitas dari Analytic Accounting
OpenERP, terdapat beberapa modul tambahan yang bisa diinstal, seperti
● account_analytic_analysis
● account_analytic_default
● account_analytic_plans
● purchase_analytic_plans
● sale_analytic_plans
"Akuntansi Biaya atau Cost Accounting
adalah suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan,
pencatatan, dan analisa terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas
suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa."
A.2 Memunculkan Tampilan Analytic Account
Secara default Analytic Accounting tidak
dimunculkan tampilannya. Untuk menampilkannya, ada opsi yang harus dinyalakan
pada user yang ingin melihat analytic accounting.
Opsi tesebut bisa dilihat di data user
(Setting -> Users -> Users). Kemudian nyalakan opsi Analytic Accounting
pada tab Access Right:
Konfigurasi User
Jika opsi tersebut sudah dinyalakan, maka
akan muncul menu tambahan untuk menu Analytic Accounting
Konfigurasi Analytic Accounting
Analytic
Accounting Entries
A.3 Konfigurasi Objek Biaya
"Objek biaya adalah suatu
aktivitas atau item yang biaya nya diakumulasi dan diukur"
Langkah pertama dalam implementasi
Cost Accounting adalah membuat Analytical Account untuk setiap object biaya.
Objek biaya yang dibuatkan analytical account nya tergantung dari kebutuhan
perusahaan.
Analytical Account dapat dibuat
pada Accounting -> Configuration -> Analytic Account -> Analytic
Account
Tree Analytic
Account
Form Analytic
Account
A.4 Konfigurasi Analytical Journal
Selanjutnya yang perlu
didefinisikan adalah Analytical Journal. Analytical Journal dibuat untuk
mengelompokan analytical entries berdasarkan tipe transaksinya. Minimal dalam
satu database perlu mempunyai dua buah anlytical journal, yaitu : (1) sale
journal, dan (2) purchase journal
Analytical journal dibuat melalui
menu Accounting -> Configuration -> Analytic Accounting -> Analytical
Journal
Tree
Analytic Journal
Form Analytic
Journal
Selanjutnya pada tiap accounting
journal yang ingin diotomatisasi sehingga membuat analytic entry harus
dipasangkan dengan analytic journal tertentu.
Memasangkan
Account Journal Dengan Analytic Journal
B.
TRANSAKSI
Perubahan mendasar ketika
menginstall modul untuk cost accounting adalah penambahan field analytical
account pada journal items. Jadi selain memilih account, user juga diberikan
opsi untuk menentukan analytical account dari sebuah journal item.
Analytic Account
pada Journal Item
Apabila user menentukan analytical
account pada sebuah journal item, maka OpenERP akan otomatis membuat analytical
entries.
Analytic Journal
Item
Perbedaan analytic entries dengan
journal entries biasa adalah pada analytic entries itemsnya hanya satu, tidak
ada debit credit. Fungsi analytic accounting OpenERP terintegrasi dengan
modul-modul lainnya (contoh : sale, purchase).
C. REPORTING
Secara default OpenERP menyediakan
beberapa laporan yang berkaitan dengan cost accounting, antara lain :
● Cost Ledger
● Cost Ledger (Quantity only)
● Inverted analytical balance
● Analytical balance
2. Chart Of Account
Berdasarkan pengalaman implementasi
selama ini, masalah berikutnya setelah instalasi server OpenERP adalah
instalasi Chart of Account (CoA). Customer biasanya tidak akan menggunakan CoA
default dari OpenERP, mereka pasti memiliki CoA tersendiri sesuai dengan bisnis
yang mereka jalankan selama ini baik telah menggunakan system maupun manual.
Olehkarna itu, kita sebagai implementator tidak mempunya pilihan kecuali
mengimport CoA yang telah ada.
Mengimport CoA bisa saja kita
lakukan langsung dengan syntax query, tapi penulis tidak menyarankan hal
tersebut. Cara terbaik adalah dengan membuat modul CoA seperti contoh CoA
default yang lainnya. Olehkarna itu pada kesempatan kali ini, saya mencoba
sharing sedikit ilmu dan pengalaman tentang cara pembuatan modul CoA OpenERP.
1.
Pertama-tama adalah kita harus memetakan CoA
yang telah ada ke dalam file excel. Biasanya customer sudah menyiapkannya dalam
satu file excel.
2.
Setelah kita memetakan dengan membreakdownnya
sesuai dengan hirarkinya beserta codenya, maka langkah selanjutnya adalah
memberikan type internal dari masing-masing account tersebut.Penjelasan
masing-masing type internal sebagai berikut :
View = untuk parent account
Other = untuk account
general
Payable =
untuk account supplier atau account yang digunakan pada header supplier invoice form
Receivable =
untuk account customer atau account yang biasa pada header customer invoice
form
Liquidity = untuk account bank
dan cash
Setelah type internal masing-masing account ditentukan kemudian kita
tentukan lagi type accountnya, diantaranya adalah :
a. account.data_account_type_view = untuk parent account
b. account.data_account_type_asset = untuk account general
c. account.data_account_type_payable = untuk account dengan type internal
payable
d. account.data_account_type_receivable = untuk account dengan type
internal receivable
e. account.data_account_type_cash = untuk account cash (pasangan type internal
liquidity)
f. account.data_account_type_bank = untuk account bank (pasangan type
internal liquidity)
g. account.data_account_type_liability = untuk account kelompok liability
(hutang)
h.
account.data_account_type_income = untuk account kelompok sales (penjualan)
i. account.data_account_type_expense = untuk
account kelompok biaya (pengeluaran)
3.
Hal terakhir yang kita lakukan pada file excel
CoA ini adalah menambahkan 1 kolom lagi yang berisi code atau nomor parent
account yang bersangkutan.
4.
Setelah selesai kita merevisi file excel
kemudian kita harus menyimpan file tersebut didalam format .csv dengan
menggunakan separator koma (,). Lalu bikin file python yang codenya seperti
dibawah ini :
5.
Langkah terakhir yaitu menentukan
account-account yang akan menjadi nilai default dari semua transaksi pada
OpenERP. Gantilah teks “chart_xxxxx” dengan chart yang sesuai dengan CoA anda
seperti chart_1112.
Pastikan nama file csv sesuai
dengan nama file yang berada didalam code python diatas dan letak
dari file python
dan csv berada dalam 1 folder yang sama kemudian compile file python tersebut
yang akan menghasilkan sebuah file baru dengan format .xmlPenulis akan mencontohkan
berdasarkan CoA diatas sehingga hasilnya seperti dibawah ini :
Modul siap untuk diinstal seperti
modul-modul CoA yang lainnya. Caranya bisa mengikuti wizard setelah menginstall
modul Accounting and Finance (account_accountant) atau melalui menu Setting →
Accounting lalu klik Install more chart templates.
Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi
alamat berikut:
-
Posting ke-10
Explorasi Odoo Sebagai Fungsi Accounting
Di sini saya berperan sebagai Accounting di
PT BMS
Pertama masuk ke web address http://128.199.81.246:8069 pilih yang "
o8-uperp-bms-20-dev1" kemudian sign in dengan user : admin dan password: admin
maka
akan muncul tampilan awal PT BMS, kemudian pilih menu Accounting sehingga
muncul tampilan seperti berikut:
Di bagian kiri, terdapat banyak sub yang
dapat digunakan, di antaranya:
1.
Costumer
2.
Suppliers
3.
Journal Entries
4.
Bank and Cash
5.
Chart
6.
Periodic Processing
7.
Reporting
8.
Configurating
A. Invoice
Masing-masing sub ini berfungsi
sebagai tempat memasukan data pada proses Accounting, misalnya pada Costumer -
Costumer Invoices
Contoh costumer invoice
Contoh supplier invoice
Tombol more di situ mengandung
fungsi:
● Share
● Embed
● Delete
● Duplicate
Invoice ini ditampilkan dalam menu
"view" sehingga terhihat preview nya. jika kita tampilkan dalam menu
list, maka yang muncul adalah list costumer invoice yang telah dibuat.
Costumer Invoices
Supplier
Invoices
Bila ingin menampilkan dalam bentuk
diagram, maka pilih view mode - diagram, diagram ini banyak
bentuknya bisa
dalam garis, batang, maupun pie.
Contoh yang saya ambil adalah diagram batang.
Bila ingin membuat sesuatu, baik
itu invoice, jurnal, atau yang lainnya, mudah dengan cara:
1.
Masuk ke tab sub yang diinginkan (misal
costumer)
2.
pilih sub-sub kecilnya (misal: costumer invoice)
3.
klik "create", muncul tampilan sebagai
berikut:
4.
isi data yang dibutuhkan
5.
pilih "save" bila draft invoice ingin
di simpan, pilih "discard" bila draft ingin dihapus, dan
"validate" bila ingin memvalidasi draft, dan "cancel" bila
invoice dibatalkan.
B. Journal Entries
Untuk sub ini, ada tiga item yaitu
journal items, journal entries dan journal vouchers.
Journal entries. Sama seperti invoice, ada
berbentuk list dan ada yang berbentuk print preview.
Untuk membuat jurnal, pilih tab
"create"
Kemudian isi data yang dibutuhkan,
dan "save" bila jurnal ingin disimpan sebagai draft,
"discard"
bila ingin menghapus draft, dan "post" bila
jurnal ingin dipublikasikan.
Jurnal Items
List jurnal
item,sales journal
Jurnal
Voucher
List Journal
Voucher
C. Chart of Accounts
Bila kita mengklik CoA maka
tampilan yang muncul adalah:
Sesuai dengan yang diperintahkan,
kita isi data yang dibutuhkan, kemudian keluar window seperti ini:
Namun, sepertinya pada website ini
tidak terkandung CoA. karena bila di view yang muncul adalah pembuatan CoA
baru.
D. Reporting
Reporting ini tempat untuk melihat laporan yang
ada.
Bila ingin melihat laporan yang
terbentuk, klik tombol "print" dan kemudian laporan akan ter-download dalam bentuk pdf.
Demikian fungsi Accounting yang
dapat saya explore di server Odoo PT BMS
-
Posting
ke-11
Kali ini saya akan memposting mengenai
forum Odoo internasional, forum ini berisi tanya jawab antar anggota Odoo.
Sehingga, untuk masuk ke forum ini, harus registrasi terlebih dahulu.
ketik pada web address:
https://www.odoo.com/forum/help-1
Kemudian klik "Sign In" bila
sudah punya account maka masuk dengan account tersebut, bila belum punya, maka
"Register" terlebih dahulu. Data yang diperlukan untuk Register
adalah:
● alamat email
● nama
● password
Setelah masuk dengan account pribadi, masuk
ke tab search, kemudian ketik masalah atau issue apa yang ingin dicari atau
dipelajari, karena saya mendapatkan fungsi Accounting, maka issue yang saya
cari adalah mengenai Accounting.
Postingan ini berisi tentang tanya- jawab
antar member Odoo. Postingan pertanyaan-pertanyaan itu sudah ada yang
didiskusikan, namun ada juga yang belum ditanggapi.
-
Posting
ke-12
Tugas UTS
Dalam bidang Acconting, terdapat siklus
accounting yang dapat menjadi acuan jalannya bisnis proses. berikut ini adalah
bisnis proses dari prosess accounting pada PT BMS
Gambar di atas merupakan layer pertama dalam
bisnis proses, pada kesempatan ini dibuat bisnis proses dengan sub-sub
prosesnya. Saat ini aplikasi yang digunakan adalah bizagi.
Contoh diambil adalah Laporan Akutansi. Bila
komponen ini diklik, maka akan masuk ke tab selanjutnya masuk ke layer 2.
Seperti gambar berikut:
Contoh selanjutnya adalah Pembuatan Jurnal,
Bla komponen ini diklik akan masuk ke layer 3 seperti berikut:
Untuk
lebih jelasnya https://www.dropbox.com/s/0qy6wpip1gryf16/UTS%20BISNIS%20PROSES%20ACCOUNTING%20PT.%20BMS.bpm?dl=0
-
Posting ke-13
TUGAS UTS
BISNIS PROSES PT BMS
Bisnis proses menjadi hal yang penting dalam
sebuah perusahaan, Berikut bisnis proses PT BMS Beserta beberapa drill down-nya
Dari yang keseluruhan tersebut, diambil contoh di
bagian Sales dan Marketing, mengenai Pasar.
Dari
Pasar tersebut Memasarkan Prodk masih dapat dijabarkan seperti berikut:
-
Posting
ke-14
TUGAS UTS
Template
Berikut adalah contoh Template yang ada di
Fungsi Accounting:
1.
Customer Invoices
2. Supplier Invoices
3. Bank Statements
4. Journal Entries
5. Journal Voucher
Untuk lebih jelasnya
-
Posting
ke-15
TUGAS UTS
Skenario Accounting di OdOO
●Perkenalan
PT. Beringin Makmur Sedaya (PT. BMS) adalah
sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2014 dan bergerak dalam bidang
penjualan elektronik khususnya laptop dan printer. Perusahaan kami merupakan
salah satu supplier dari PT. KITA
Profil Perusahaan
Nama : PT. Beringin Makmur Sedaya
Alamat : Jl. Raya Narogong KM 23,5,
Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
Telepon : 021-8230979
Fax : 021-8230980
Email : kantor.bms@gmail.com
Website :
beringinmakmursedaya-uperp20141.blogspot.com
●Divisi Accounting
Dalam oraganisasi perusahaan, fungsi
akuntansi berada dalam departemen keuangan yang dipimpin oleh seorang direktur
keuangan, dan tugasnya merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi
keuangan dan akuntansi di perusahaan dalam memberikan informasi keuangan secara
komprehensif dan tepat waktu untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan
keputusan yang mendukung pencapaian target financial perusahaan.
●Skenario Accounting
Dari pemesanan tersebut, PT KITA akan
memberikan PO kepada PT BMS, dan PT BMS membuatkan Invoices untuk PT KITA.
A. Invoice
Untuk membuat Invoices, dapat dilakukan
dengan cara mengisi langsung di server Odoo atau dengan aplikasi excel kemudian
di Import ke Odoo.
B. Journal Entries
Invoice yang telah divalidasi akan otomatis
tercatat di Jurnal entries.
C. Chart of Accounts
chart of account (bagan akun) dapat disebut
sebagai daftar yang terjadi dari serangkaian kode-kode yang telah diatur dan
disusun dalam struktur akun tertentu, secara sistematis. Termasuk di dalamnya
adalah unsur-unsur seperti kode akun (account code) dan nama akun (accounts
name). Kode akun dan nama akun inilah yang digunakan perusahaan atau organisasi
untuk mengelompokkan, mencatat, melaporkan, dan mengontrol
transaksi-transaksinya dengan cara sistematis.
D. Reporting
Reporting ini tempat untuk melihat laporan
yang ada.
-
Posting
ke- 16
Transaksi PT BMS Fungsi Accounting
-
Posting
ke- 17
Bisnis Proses PT BMS dan Fungsi Accounting
-
Posting
ke-18
Kritik dan Saran
Kritik dan Saran untuk mata kuliah ERP
1. Bapak Agung sudah sangat baik dalam melakukan
transfer ilmu, tepat waktu dan metode belajar yang digunakan santai namun
mengenai sasaran. Namun akan lebih baik bila semua fungsi dipraktekkan secara
khusus di dalam odoo.
2. Tugas yang diberikan terkadang datang di hari
Rabu sore atau malam, sedangkan batas pengumpulan adalah Jumat malam. Rentang
waktu yang diberikan terlalu singkat, sehingga tugas kurang masksimal. Akan
lebih baik jika tugas diberikan langsung saat kuliah berakhir atau pada hari
Minggu (H+1 kuliah).
3. Alamat server odoo banyak dan sering down, membuat bingung. Mungkin
sebagai back up server yang lainnya, namun database dari masing-masing alamat
server belum seragam. Dan mahasiswa harus standby untuk melihat server mana
yang harus digunakan karena sering berganti-ganti. Sarannya adalah database
dalam server disamaratakan sehingga bila masuk dari bermacam sarver pun output
nya akan sama.
4. Mata kuliah ini tidak cukup hanya 3 sks. Dan
sebaiknya bukan mata kuliah pilihan, karena ilmu ini sering digunakan di
industri.
-
Posting
ke-19
Template Accounting
Tidak ada komentar:
Posting Komentar